Metode Perpanjang Umur Aki

By : Zakir Skynet


Semua pemilik kendaraan tentunya berharap agar aki yang dimilikinya mempunyai umur yang panjang, tanpa perawatan yang memadai umur aki berkisar 1 s/d 1,5 tahun. dan sudah menjadi hukum alam jika sebuah sumber daya dirawat dengan baik tentu hasilnya sangat baik. seperti juga  aki , dapat berumur panjang sesuai dengan harapan, biasanya dapat mencapai lebih dari 4 tahun khususnya pada merk tertentu yang sudah dijamin mutunya.

1. Metode Perawatan Aki "Hidup" keadaan terpakai


Metode perawatan  untuk perpanjang umur aki yang masih dipakai hidup baik yang sudah lama ataupun baru beli adalah  sangat sederhana namun terbukti sangat ampuh,
metodenya adalah setiap periode 3 - 4  bulan sekali  aki dicas baik aki basah maupun aki tipe MF ( Maintenance Free ).

  • Maksud dan tujuan pengecasan secara periodic adalah agar aki kembali dalam keadaan seperti baru (lihat Bagian Teori Dasar Aki ) asam sulfat yang melekat di pelat aki dikembalikan ke air jadi pelat aki dalam keadaan bersih seperti baru.
  • walaupun kendaraan ketika jalan otomatis mengecas aki namun,  NAMUN voltage pengisian aki  alternator /dinamo amper dibatasi pada tegangan berkisar 13,5 Volt s/d 14,2 Volt.
  •  Jadi aki dalam keadaan tidak dalam full kondisi aki hanya 90 s/d 95 %. .Aki dalam keadaan full kondisi 100 % , jika  tegangan voltage aki dapat mencapai 15 volt s/d 15,50 Volt  ketika di cas. seperti pada gambar : 1 grafik dibawah ini :
  •  penempatan posisi aki yang kurang ideal biasa dekat fan radiator, menyebabkan aki kena dampak panas hal ini tentunnya mengurangi kinerja aki dan memicu sulfation


    Langkah persiapan dan alat yang digunakan :
    1. Hydrometer
    2. Volt meter digital
    3. Charger aki
    4. load Tester
    5. kaca mata pelindung
    6. Sarung Tangan
    Seberapa Lama Waktu Pengecasan :

    • waktu pengecasan sangat ditentukan seberapa besar tingkat keasaman air elektrolit jika tingkat SG elektrolit pada area putih membutuhkan waktu kurang lebih 5 jam 
    • voltage aki pada saat pengecasan mencapai kira-kira 15 s/d 15,5 menunjukan kondisi aki dalam keadaan yang sangt bagus dengan catatan charger yang digunakan yang saya sarankan di bagian teknik membuat charger.
    • untuk aki tipe MF maintenance free yang tidak dapat dilihat kondisi airnya, metodenya sama dengan aki perbedaannya hanya pada voltage kondisi full tegangan aki dapat mencapai 15.5 s/d 16 volt menunjukan kondisi aki sudah 100 %. dengan catatan charger yang digunakan yang saya sarankan di bagian teknik membuat charger.
    • waktu pengecasan voltmeter harus selalu dihubungkan untuk melihat kondisi aki.
    • catatan tipe aki MF pada merk-merk tertentu  dapat juga dilihat kondisi airnya dengan membuka tutup soketnya.biasanya ada dibawah coper merk aki.

    2. Metode Perpanjang Aki "Soak" Air aki pada area Merah


    kondisi aki soak yang dimaksud adalah kondisi aki yang umum dijumpai ciri-cirinya :

    • jika pagi hari mobil/motor tidak kuat untuk stater, 
    • setelah mobil didorong dan mesin hidup aki kembali kuat untuk menstater 
    • dan esok harinya aki kembali tidak kuat untuk stater.
    kondisi demikain 90 % aki dapat kembali hidup normal dengan metode yang akan saya uraikan dibawah ini :

    jika pengukuran air aki dengan menggunakan hydrometer  skala pelampung pada  area merah lakukan pengecasan selama 24 jam maksimal amper 7 amper 




    ciri-ciri aki yang dapat hidup kembali  normal :

    • ketika dicas seluruh cell ada gelumbung gelumbung keluar dari sela-sela pelat aki
    • voltage aki terus merangkak naik sampai puncaknya 15, 5 volt kemudian turun lagi ke voltage 14,8 volt
    • setelah 24 jam pengecasan ukur kondisi air aki dengan hydrometer jika pengukuran pada area putih/hijau maka aki anda akan hidup normal.
    • temperatur aki jika dipegang casingnya masih dibawah 40 derajat celcius/angat-angat kuku.

    3. Metode Perpanjang aki "Soak" Kondisi air aki pada area Hijau


    menurut teorinya jika pengukuran kondisi air jatuh pada area hijau menunjukan bahwa aki dalam kondisi sangat bagus, namun pada kenyataannya aki tidak dapat menstater mobil ciri-cirinya masih seperti  dibawah ini :

    • jika pagi hari mobil/motor tidak kuat untuk stater, 
    • setelah mobil didorong dan mesin hidup aki kembali kuat untuk menstater 
    • dan esok harinya aki kembali tidak kuat untuk stater.
    • indikator aki menunjukan hijau/biru
    hasil penelitian saya ini menunjukan kondisi aki over-dosis H2SO4, air aki yang idial 35 % SO4 dan 65 % air, langkah terbaik adalah dengan membuang air aki seluruhnya dan menggantinya dengan air suling biasa. kemudian lakukan pengecasan selama lebih dari 36 Jam arus amper 10% s/d 15% dari kapasitas amper aki.

    Monitor Kondisi Aki

    • setelah 2 jam aki dicas coba lakukan tes dengan load tester jika jarum indikator menunujukan pada skala aki bagus pertanda aki akan hidup normal kembali.
    • amati per sel jika seluruh sel ada gelembung-gelembung pertanda aki akan hidup normal kembali
    • jangan lupa pakailah kaca mata pelindung ketika melakukan pengamatan
    • jika satu sel tidak nampak gelembung dan tidak ada reaksi alias kondisi air tidak bergerak pertanda satu dalam keadaan "mati" maka harus dilakukan metode lain yang akan saya uraikan pada bagian :

     "Metode Menghidupkan Sel Aki Mati"