Cara Mudah Servis Klakson

by : Zakir Skynet

Klakson mungkin salah satu komponen kendaraan  yang jarang rusak usia pakai klakson bisa mencapai 15 tahun sampai 30 tahun, dengan catatan merk bagus dan originil, soalnya mobil antik ane chevrolet diesel tahun 1984 klaksonnya masih originil suaranya masih lantang.

Namun dengan bertambahnya usia  dimana klakson 
bahan dasarnya terbuat dari logam  maka proses karatpun terjadi, maka yang terjadi klakson mati alias tidak berbunyi, namun uncle punya solusi apakah klaksonnya mati total atau mati suri. berikut liputannya :

kali ini uncle zak akan sharing pengalaman memperbaiki/servis tipe klakson mobil seperti pada gambar dibawah ini lebih tepatnya klakson original  mazda vantren tahun 1996, jadi usia udah 16 tahun, ternyata hasil penelitian dikatagorikan klakson mati suri

 


Ciri-ciri klakson mati suri dapat diperbaiki :
  • dua kabel klakson jika diukur pakai avometer masih konek kurang lebih 3-4 ohm
  • pertanda gulungan kabel email tembaganya masih utuh dan mantap.
  • jika diukur pakai avometer tidak konek  maka sebaiknya dikubur/beli baru
 Peralatan yang dibutuhkan :
  • kunci 8mm
  • sedikit semprotan pelunak karat WD/ atau minyak rem


Cara Kerja Klakson motor dan mobil

ketika gulungan kawat tembaga klakson dialirkan arus listrik, maka diseputar kawat tembaga akan timbul medan magnet lihat gambar panah hijau dan biru ada gerakan  akibat terjadi magnet sementara yang akhirnya menimbulkan bunyi logam sampai ke telinga kita dengan frequency 400 hz.
Cara Kerja Klakson



Langkah langkah servis klakson


1. langkah pertama ukur kutub positip dan negatip jalur kabel klakson jika kondisi masih ok lanjutkan ke langkah kedua





2. buka baut 8 mm

3. langkah ketika sisi pergerakan logam klakson disempot pakai pelunak karat atau minyak rem , kemudian gerakan bodi klakson agar ada perubahan pergerakan



4. pasang kembali lanjutkan test pakai aki

semoga info ini bermanfaat dan dapat berhemat