Cara kerja cdi sangat sederhana, sebuah power tegangan 200 volt sampai 400 volt mengisi/ mengecas sebuah capacitor non polar biasanya antara 0,5 micro farad sampai 2 miro farad, kemudian dibuang dikonsletkan oleh sebuah SCR pada saat timing pengapian, maka akan menimbulakan percikan api pada coil pengapian yang akhinya akan membakar uap bensin di ruang bakar silender.
Untuk cdi ac biasanya power tegangan tinggi dihasilkan dari sebuah coil kumparan hasil induksi, untuk cdi dc power tegangan tinggi dihaslkan dari sebuah inverter atau nama lain converter. tipe inverter ini banyak ragam dan modelnya. dalam project cdi dc kali ini paman zak akan mencoba berexperimen menggunakan model flyback converter, bagaimana membuatnya ikutilah langkah langkah pasti dibawah ini :
Hasil uji project cdi dc model flyback converter
Semoga informasi ini bermanfaat untuk seluruh masyarakat automotive Indonesia dan warga dunia
Salam damai dari kota Tangerang !!!